Sabtu, 16 November 2013

PHP dan MySQL Sebagai Web Service




Selama ini mungkin Anda pernah atau bahkan sering mendengar mengenai Web Service. Sebenranya apakah Web Service itu ? Samakan Web Service dengan Website ?

Web Service ternyata sangat berbeda dengan website. Perbedaan yang paling terlihat adalah Website dibuat untuk memiliki tampilan atau user interface yang bagus sedangkan Web Service tidak memiliki tampilan. Mengapa Web Service tidak memiliki tampilan (user interface)?

Hal itu dikarenakan Web Service tidak dubuat untuk berinteraksi langsung dengan user. Sesuai dengan kata service yang ada pada namanya, Web Service hanya menyediakan service atau layanan. Layanan tersebutlah yang kemudian akan digunakan atau dipanggil oleh aplikasi lainnya. Dengan demikian, yang akan menjadi interface adalah aplikasi yang memanggilnya bukan Web Service itu sendiri.

Beberapa contoh implementasi web service adalah sistem login seperti yang ada di Kaskus, atau Detik.com.

Jika andan mengunjungi Kaskus, maka Anda akan menjumpai sistem login yang dapat menggunakan akun Facebook, Yahoo maupun Twitter.

Dengan kata lain, Anda dapat bergabung dalam komunitas forum kaskus atau istilah kerennya kaskuser hanya dengan memiliki akun FB, Yahoo atau Twitter tanpa harus regirstrasi di dalam Kaskusnya Sendiri.

Contoh lain implementasi web service adalah di bagian komentar Detik.com setiap kali kita akan mengisi komentar di Detik.com, kita bisa menggunakan akun FB kita.

Nah... yang menjadi pertanyaan adalah, kok bisa ya kita bisa masuk ke dalam sistem Kaskus maupun Detik.com menggunakan akun lain seperti FB, Yahoo maupun Twitter? Ya.... ini karena FB, Yahoo dan Tiwtter menyediakan service yang memungkinkan sistem lain menggunakan akun mereka untuk login. dan... kebetulan kaskus dan detik.com ini memanfaatkan service tersebut, dalam kasus ini, FB, yahoo, dan Twitter diakatakan bertindak sebagai server sedangkan Kaskus dan Detik.com bertindak sebagai client.

Contoh lain, buat anda yang memang sudah memiliki perangkat ponsel android, mingkin sudah pernah menginstall aplikasi semacam detik.com, kompas.com atau vivanews.com, diamna anda bisa melihat berita dari situs detik.com di ponsel android anda.

Pertanyaannya? Apakah portal-portal tersebut dalam membuat aplikasi portal versi android juga membuat database/data beritanya ? Apakah mereka melakukan penginputan data berita dua kali ? yaitu versi web dan versi android ?

Jawabannya sudah pasti tidak, karena mereka pasti telah menggunakan layanan web service untuk pertukaran data pada dua versi aplikasi yang mereka buat.

Jadi apakah web service itu ? Secara singkat web service adalah aplikasi yang dibuat adar dapat dipanggil atau diakses oleh aplikasi lain melalui internet dengan menggunakan format pertukaran data sebagai format pengiriman pesan. Adapun yang dibahas di ddalam buku ini adalah format pertukaran data dengan XML dan JSON.

Lalu, bagaimana caranya memanggil atau memanfaatkan sebuh web service? Sebua web service dapat diapnggil oleh aplikasi lain dengan menggunakan bantuan HTTP. Web service juka memungkinkan untuk dipanggil dengan menggunakan protokol lain seperti SMTP, namun yang paling umum digunakan adalah HTTP.

Karena web service menggunakan protokol HTTP, tentu PHP sebagai bahasa pemrograman web menjadi salah satu kekuatan dalam bahasa pemrograman yang mengelola web service.


0 komentar:

Posting Komentar